Tutorial Database dengan Delphi tambah edit hapus tanpa coding Part 1

Pada tutorial yang berkaitan dengan database kali ini saya akan membagikan cara membuat tambah, edit, hapus secara efektif dan efisien dengan menggunakan Delphi sehingga anda bisa membuat software apapun misal software klinik, software tabungan, software simpan pinjam dan lain sebagainya.



Sebelum mulai praktek dari tutorial yang saya berikan anda harus mempersiapkan terlebih dahulu:
1.  Delphi versi apa saja, tapi recommended versi 7 ke atas.
2.  Kuasai OOP, karena tutorial ini berkaitan dengan konsep OOP Delphi.  Meskipun begitu hal itu tidak harus karena kalau anda mempraktekkan apa yang saya tulis maka otomatis juga belajar OOP.
3.  Komponen Database disarankan Zeos VCL karena saya pakai komponen itu.  Meski begitu kalau sudah mengerti konsepnya anda bisa pakai komponen lain macam FireDac atau MyDac.
4.  Reguler Expression Editor.
Mungkin ini banyak terlewatkan oleh programmer pemula.  Tapi menguasai reguler expression adalah keharusan.  Dengan menguasai reguler expression anda dapat mempersingkat waktu terutama dalam menyalin script.
Sebagai contoh kegunaan Regex Editur:
saat buat database DDL anda mungkin begini:
create table table1 (field1 int, field2 int, so on sampai 50 field).
Saat select anda hanya butuh 40 field.  Tentu akan sangat menguras waktu kalau anda tulis satu persatu.  Dengan Reguleer Expression Editor anda tinggal copy paste dan filter field yang akan di select lalu salin di script anda.

Untuk Regex Editor anda bisa cari versi berbayar atau gratisan.  Untuk versi gratisan saya menyarankan unduh RegexpEditor di https://sourceforge.net/projects/regexpeditor/files/latest/download?source=directory

5.  Log Viewer, berguna untuk memonitor query anda.
Ini juga banyak yang sering terlewatkan oleh programmer pemula, sehingga kadang muncul pertanyaan di forum-forum, kenapa tekan tombol simpan data tidak masuk, kenapa data tidak tampil, tampilnya kalau aplikasi di restart, kenapa muncul error "You have an error in your SQL syntax; check the manual that corresponds to your MySQL server version for the right syntax to use near 'xxx data' at line 1" dan lain sebagainya.  Hal itu disebabkan mereka tidak tahu persis apakah querynya jalan atau tidak.

Untuk Log Viewer saya menyarankan anda memakai Gamut Log Viewer.  Anda bisa unduh di http://www.gamutsoftware.com
6.  Delphi Add-ins, anda bisa gunakan GExpeert dan CNPack.
7.  Database RDBMS, anda bisa pakai apapun tapi karena saya memakai MySQL agar lebih mudah mempraktekkannya saya sarankan pakai database ini juga.

Lanjut  Tutorial database dengan delphi Part 2

Komentar